RULES

DILo Hackathon Festival akan dilaksanakan secara online yang dapat diikuti oleh seluruh member DILo di 17 DILo di Indonesia

Syarat dan ketentuan ini berlaku untuk semua peserta DILo Hackathon Festival 2020.

Dengan mendaftar dan berpartisipasi dalam program ini, peserta menerima Syarat dan Ketentuan sebagai berikut:

 

Tujuan

Membangun ide-ide digital kreatif yang memberikan dampak nyata bagi Indonesia dengan memanfaatkan digital platform Telkom Group

 

Penyelenggara

Digital Innovation Lounge (DILo), PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

 

Timeline

Hadiah DHF2020

Total Hadiah berupa uang tunai, Rp. 450.000.000,-

Pemenang ditetapkan berdasarkan kategori (6 kategori):

  • Juara-1 : Rp. 30.000.000,-
  • Juara-2 : Rp. 20.000.000,-
  • Juara-3 : Rp. 15.000.000,-
  • Juara Harapan : Rp. 10.000.000,-

Registration & Persyaratan Peserta

  • Pendaftaran DHF-2020 tidak dipungut biaya
  • Program DHF-2020 ini dapat diikuti oleh peserta dari seluruh indonesia dan bersifat online
  • Seluruh Anggota Team Peserta merupakan Member DILo, Jika belum menjadi member DILo daftarkan dirimu gratis di https://dilo.id. Bagi peserta yang di kotanya tidak ada DILo maka wajib mendaftarkan dirinya (registrasi online) ke DILo  terdekat, misalnya : lokasi peserta di kota Banyuwangi maka dapat mendaftarkan dirinya di DILo Surabaya.
  • Peserta wajib melakukan registrasi DHF-2020 di https://dhf.dilo.id selama masa registrasi, 27 Juli – 9 Agustus 2020, disertai recorded-interview melalui aplikasi KODA (harap dapat menginstall aplikasi tersebut di hp setiap Peserta). Untuk recorded-interview bisa dilakukan oleh Ketua Team/ CEO.
  • Jumlah anggota dalam satu team minimal 2 orang.
  • Peserta dengan ini menjamin bahwa semua informasi yang disampaikan oleh Peserta dalam pendaftaran adalah benar, akurat dan lengkap dalam segala hal. Penyelenggara berhak untuk memverifikasi informasi yang terkandung dalam pendaftaran dan / atau kelayakan peserta untuk mendaftar
  • Peserta menggunakan peralatan sendiri, Panitia tidak menyediakan peralatan untuk peserta.

Ketentuan Lomba

  • Klasifikasi Ide dan Produk lomba:
    • IOT Apps
    • Mobile Apps
    • Website Apps
  • Kategori Challenge:
    1. SMB (Small & Medium Business) / UMKM
    2. Education
    3. Health
    4. Smart City
    5. Agriculture/ Fishery
    6. AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) Lifestyle
  • Peserta harus memilih salah satu dari klasifikasi ide & produk lomba dan kategori challenge yang ditetapkan diatas.
  • Peserta wajib menggunakan minimal salah satu teknologi dari platform digital TELKOM yaitu IoT Antares, BigBox BigData, BigBox API dan Neucentrix. Apabila produk yang dikembangkan dalam DHF-2020 ini, tidak menggunakan platform digital TELKOM, maka dengan sendirinya akan dianggap gugur.
  • Peserta wajib memakai minimal 2 (dua) layanan dari setiap platform digital Telkom yang dipakai (misalnya menggunakan platform BigBox Developer API, maka wajib memakai minimal 2 API dalam platform tsb)
  • Peserta menjamin bahwa hasil kerja dan pengembangan aplikasi yang diajukan adalah karya orisinil mereka dan hasil pengembangan mereka sendiri, tanpa melanggar hak kekayaan intelektual atau hak lain dari pihak ketiga.
  • On-desk Selection merupakan seleksi untuk menetapkan Team Peserta DHF-2020, yang akan meloloskan 10 team peserta berdasarkan masing-masing kategori challenge yang akan dilaksanakan setelah penutupan masa registrasi, yaitu pada tanggal 10 – 12 Agustus 2020.
  • Pengumuman hasil on-desk selection yang menetapkan Team Peserta DHF-2020 yang berhak mengikuti hacking-time, pada tanggal 14 Agustus 2020.
  • Setiap Team Peserta DHF-2020 yang telah dinyatakan lolos dalam on-dek Desk selection, akan diberikan dukungan biaya komunikasi/internet access berupa:
    • Uang tunai, sebesar Rp. 300.000,- yang akan diberikan melalui Ketua Team/ CEO
    • T-shirt DHF-2020, yang akan diberikan kepada setiap anggiat Team Peserta DHF-2020.
  • Hacking-time, adalah periode waktu bagi peserta hackathon untuk men-developed productnya sesuai dengan proposal ide yang disampaikan dan lolos on-desk selection.
  • Kewajiban Team Peserta DHF-2020, pada periode hacking-time:
    • Team Peserta DHF-2020, wajib mengikuti setiap kegiatan sesuai dengan timelime yang telah ditentukan.
    • Team Peserta DHF-2020, diharuskan membuat dokumentasi video dan photo aktivitas selama hacking-time dan di upload setiap hari kamis, pukul 16.00 di https://bit.ly/weeklyreportparticipantDHF
    • Selama Hacking-time dan waktu penyelenggaraan DHF-2020, peserta dapat berhubungan dan berkoordinasi dengan PIC yang telah ditunjuk, yaitu:
No Kategori PIC dan No Kontak Yang Bisa Dihubungi
I. Health Saddan
Indra
: 082154472886
: 08223797198
II. Education Abil
Teuku
: 085261469904
: 085262228577
III. SMB/UMKM Amir
Ayu
: 087839293431
: 085790825669
IV. Smart City Ardian
Rissa
: 089697746001
: 081312127176
V. Agriculture/fishery Cynthia
Zulkifli
: 08113235533
: 08117010101
VI. AKB Lifestyle Cynthia
Cut
: 082115516798
: 082274218712
  • Team Juri secara berkala akan melakukan pengecekan dan komfirmasi kepada setiap Team Peserta DHF-2020 terkait dengan penggunaan platform digital TELKOM yaitu IoT Antares, BigBox BigData, BigBox API dan Neucentrix.
  • Aplikasi yang dibuat harus informatif, user-friendly, tidak mengandung kekerasan, SARA, atau menjadi ofensif untuk setiap kelompok, komunitas, atau afiliasi. Selain itu harus menjadi non-partisan atau tidak memiliki afiliasi dengan partai politik. Peserta tidak diperkenankan untuk membuat konten yang mengandung kebencian, kekerasan, pelecehan, rasisme, intoleransi seksual, agama atau politik, atau konten yang kemungkinan shock, dan / atau konten yang eksploitatif atau tampaknya tidak adil dengan memanfaatkan atau mengorbankan pihak lain. Penyelenggara juga tidak mengizinkan konten apapun yang melanggar hukum di Indonesia.
  • Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas isi yang dibuat oleh peserta yang mengikuti DHF-2020.
  • Penyelenggara memiliki hak untuk mendiskualifikasi peserta yang tidak sportif dan perlakuan yang tidak menyenangkan. Penyelenggara juga memiliki hak untuk mendiskualifikasi peserta yang melanggar Syarat dan Ketentuan.
  • Tahapan penjurian akan di bagi 2 (dua) tahap yaitu:
    • Initial Pitching.  (The Best 6 Team Peserta DHF-2020)
    • Final Pitching. (The Best 4 Team Peserta DHF-2020)\
  • Team Peserta DHF yang masuk dalam tahap initial dan final pitching harus mempersiapkan:
    • Materi presentasi (format PPT)
    • Demo produk hackathon minimal dalam bentuk MVP (Minimum Viable Product) atau prototype
  • Waktu yang diberikan untuk pitching, adalah 15 Menit (Presentasi dan Demo Product)
  • Outline materi presentasi untuk Pitching, adalah:
    • Latar Belakang Team Peserta DHF-2020, sebagai pengenalan Team
    • Problem, menjelaskan permasalahan utama yang disolusikan melalui ide atau produk yang akan dibuat untuk DHF-2020 ini
    • Solusi dan Product, menjelaskan solusi dan deskripsikan bentuk produk yang dibuat selama hacking-time di DHF-2020
    • UVP, menjelaskan Keunikan atau pembeda produk yang dibuat
    • Future Development Plan, menjelaskan Teknologi utama apa digunakan dalam produk (Antares IoT, BigBox Big Data, BigBox API, Neucentric)
  • Peserta akan mematuhi dan terikat oleh keputusan juri pada DHF-2020 ini, yang akan menjadi final dan mengikat dalam segala aspek.
  • Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Penyelenggara memiliki hak untuk menghentikan atau mengubah kebijakan persaingan untuk alasan apapun yang dilihat dan diperlukan oleh penyelenggara.
  • Jika memiliki pertanyaan tentang Syarat & Ketentuan ini, silakan kirim pertanyaan ke PIC DILo sesuai tabel diatas